Sabtu, 12 Desember 2009

PHOBIA


KONSULTAN PHOBIA
pernahkah anda merasa takut pada laba laba,semut,kecoa,ular,takut berada di tempat sempit seperti lift atau ketinggianbahkan pada sebuah karet gelang. ketakutan pada suatu objek atau situasi tertentu memang tidak mudah untuk dimengerti karena berkaitan pada pengalaman pribadi masing masing di masa lalu. seseorang dapat begitu pank,cemas,takut,gemetar,jantung berdebar kencang saat berhadapan langsung dengan objek tersebut atau berada pada situasi tertenru yang sebabnyapun tak jelas.
rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena itulah yang dinamakan fobia. fobia dapat terjadi pada siapa saja yang disebaban oeh pengalamannya di masa lalu.

Jenis fobia
fobia bisa digolongkan menjadi 2 macam yaitu foba spesifik dan fobia sosial.
fobia spesifik merupakan jenis foba yangsering terjadi,seprti takut pada binayang,ketinggian,ruang sempit,dan sebagainyapenderita fobia spesifik biasanya mengatasi ketakutannya dengan cara menghindari objek benda atau keadaan yang membuatnya takut.
Fobia social biasanya dialami penderita saat mengalami kecemasan berlebih bila dihadapkan pada situasi social dan penuh tekanan,seperti berbicara didepan umum atau hanya sekedar tampil di depan umum.

Terbentuknya fobia
Fobia dapat terbebtuk oleh sugesti negative yang dipupuk,rentetan peristiwa sangat buruk,menakutkan, ataupun menyakitkan dimasa lalu. Semakin ekstrim intensitas peristiwanya,semakin kuat pula potensifobianya. Kebanyakan fobia terjadi pada masa kanak kanak walopun dapat juga terjadi saat dewasa.

Akibat fobia
Kecemasan yang tidak diatasi seawall mungkin berpotensi menimbulkan akumulasi emosi negative yang secara terus menrus ditekan kembali ke bawah sadar. Pola respon negative tersebut dapat berkwmbang terhadap subjek fobia lainnya dan intensitasnya semain meningkat.
Fobia merupakan salah satu jenis hambatan sukses lainya karena energy menjasi terkuras habis digunakan untuk merespon ujian dengan cara yang salah. Bila kondisi ini teurs berlanjut dapat mengganggukehidupan social ataupun dan dapat merembet ke fobianya.
Selain itu beriso menghambat karir,jikafobia berhubungan dengan produktifitas atau pekerjaan.

Melepaskan fobia
Penderita biasanya dapat mengatasi fobia spesifik dengan menghindari benda atau keadaan yang bisa membuatnya takut. Untung penyembuhan secara permanen bisa dicoba dengan cara terapi pemaparan, yaitu terapi dengan cara menghadapkan penderita fobia spesifik dengan benda atau keaadan yang membuatnya takut dengan cara bertahap. Selain itu psikoterapi juga dapat dilakukan agar penderita memahami pertentangan psikis yang mungkin melatarbelakangi terjadinyafobia.

Istilah istilah dalam fobia
Takut air  = hydrophobia
Takut cahaya = photophobia
Takut ruang kosong = cenophobia
Takut alcohol = methyphobia
Takut angin = ancraophoba
Takut anjing = cynophobia
Takut api = arsonphobia / pyrohobia
Takut ayam = alektrophobia
Takut badut = coulrophobia
Takut bangunan tinggi = batophobia
Takut bawa mobil =  amaxophobia
Takut bawang putih = alliumphobia
Takut bayangan = sciaphobia
Takut benang = linonophobia
Takut berbicara = laliophobia
Takut binatang melata = herpetophobia
Takut bom atom = atomosophobia
Takut boneka = pediophobia
Takut burung = ornithophobia
Takut cacing = helminthophobia
Takut darah = hemaphobia
Takut diejek = katagelophobia
Takut disuntik = trypanophobia

Bagi anda yang menderita phobia seperti di atas,mari berbagi cerita dengan saya, barangkali saya bisa membantu dan bisa memberi solusi yang terbaik untuk anda dalam mengatasi phobia anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon komentar yg membangun bagi saya. terimakasih